counter

Minggu, 26 Februari 2012

Penyebab Mendengkur & Cara Mengatasinya



 Anda mungkin bisa menjaga tingkah laku di depan orang banyak, tapi ketika tidur dan mendengkur, tidak ada yang bisa menghentikan hal itu termasuk diri Anda sendiri. Kebiasaan buruk di malam hari ini sulit untuk dihilangkan, kecuali Anda sendiri ingin mengubahnya.

Tidak ada trik yang bisa Anda (atau suami) lakukan saat Anda mendengkur. Satu-satunya cara adalah mengubah gaya hidup Anda. Berikut ini adalah penyebab-penyebab seseorang mendengkur dan cara mengatasinya.


Rokok

Jutaan racun di dalamnya tidak hanya mengganggu kesehatan seseorang, tetapi juga membuatnya mendengkur saat tidur. Penyebabnya adalah saluran udara yang terhambat akibat pembengkakan yang terjadi setiap orang menghisap rokok. Pembengkakan ini terjadi pada jaringan pernafasan, yakni di tenggorokan. Selaput lendir di dalam hidung bisa menyebabkan pembuluh kecil di dalam paru-paru tersumbat.

Hambatan inilah yang membuat udara dari paru-paru lebih sulit untuk keluar saat tidur. Udara yang tersendat untuk keluar itulah yang menyebabkan dengkuran.

Jika Anda merasa rokok yang menjadi biang keladi terjadinya kebiasaan yang mengganggu tersebut, maka berhentilah. Dengan begitu maka pembengkakan akan menyusut sehingga penghambatan tidak terjadi lagi.


Berat Badan

Pada dasarnya tidak ada hubungan antara berat badan dengan mendengkur. Tetapi sebuah studi menemukan bahwa orang yang beratnya turun ke kisaran berat badan ideal mengalami penurunan suara dengkuran.

Jika Anda termasuk orang yang mempunyai berat badan di atas batas ideal, maka cobalah untuk menurunkan berat badan. Tapi pastikan program penurunan berat badan ini adalah olahraga dan diet yang sehat.


Alkohol

Minuman beralkohol juga bisa menjadi faktor terjadinya dengkuran saat tidur. Kehadiran alkohol dalam tubuh membuat saluran udara menjadi lebih rileks, meskipun terdengar bagus untuk saluran udara itu sendiri, namun kenyataannya alkohol membuat saluran udara terlalu rileks. Hasilnya, saluran udara Anda pun 'beristirahat' sehingga menyebabkan kinerjanya tidak maksimal dan menyebabkan Anda mendengkur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar