counter

Senin, 27 Februari 2012

Upacara di SMAN 2 Purwokerto

Assalamu alaikum Wr Wb



Teman teman kali ini saya akan membahas tentang kegiatan Senin pagi di SMAN 2 Purwokerto. Layaknya sekolah lain pada umumnya, pada hari Senin pasti akan dilaksanakan Upaca Bendera atau Apel, begitu pula dengan hari ini dimana saya menulis catatan ini. Tidak seperti sekolah lainnya (atau mungkin saya yang kurang tau) SMAN 2 Purwokerto memberlakukan aturan dimana pukul 7 kurang 10 menit atau dapat saya tulis menjadi 06.50 WIB Bel SMAN 2 Purwokerto berbunyi dengan lagu khas ( yang sebenarnya saya sendiri tidak tau judulnya) haha. Bisa di bayangkan bagaimana ruwetnya situasi jalan kesatrian pagi ini


Ilustrasi yang saya ambil dari ruang 20 lantai 2



Maaf agak jelek kualitasnya, soalnya amatir

Ya seperti itulah suasana jalan kesatrian, tepatnya di depan pintu timur halaman depan SMAN 2 Purwokerto, selalu ramai setiap hari terutama hari Senin. Mengapa?  Karena apabila terlambat selain malu juga kita suruh baris di barisan tersendiri pada saat apel atau upacara berlangsung. 

Tepat pukul 7 atau 7 lebih 5 menit biasanya upacara atau apel dimulai. Kebetulan hari ini jadwalnya apel, karena pada tanggal 1 Maret nanti diadakan upacara untuk menyambut Ulang Tahun SMAN 2 Purwokerto jadi hari senin ini diganti oleh apel. 

Apa beda apel dengan upacara? Secara pandangan awam saya, dalam apel tidak ada acara pengibaran bendera, tidak ada menyanyikan lagu indonesia raya dan lagu wajib, dan tidak ada pembacaan pancasila dan UUD 1945 dan tidak ada pula pembacaan doa. Waktu apel pun lebih singkat dari upacara bendera. Hari Senin ini yang menjadi pembina Apel adalah Bapak Tohar selaku kepala sekolah SMAN 2 Purwokerto yang baru, menggantikan pak Sumanto yang memimpin SMAN 2 Purwokerto sebelumnya. Dari sambutan para peserta upacara terlihat bahwa Pak Tohar merupakan sosok yang berwibawa dan di segani, terlebih lagi terlihat ketika beliau membawakan amanat apel, tepuk tangan sontak bergemuruh tanpa dikomando dari peserta apel setelah pak Tohar mengucapkan salam penutup. Saya harap dengan adanya Pak Tohar sebagai kepala SMAN 2 Purwokerto yang baru kinerja guru, karyawan dan siswa dapat meningkat untuk tahun tahun selanjutnya, agar SMAN 2 Purwokerto semakin disegani di tingkat Kabupaten, Provinsi, Nasional, bahkan Internasional, semua akan tercapai dengan kerja keras.

Seperti itulah sedkit isi amanat yang saya dengar dari Pak Tohar. Sekitar pukul 07.30 WIB apel selesai, ditutup oleh beberapa pengumuman oleh Pak Sol dan pak Kum, serta beberapa dari pengurus OSIS yang isinya merupakan jadwal acara dalam rangka menyambut HUT SMAN 2 Purwokerto yang ke 62, yang apabila saya hitung mulai hari ini rangkaian acaranya dimulai kurang sehari lagi!!!
Wow, gak menyangka udah tua ya SMADHA, tapi saya yakin jiwa semangat yang ada di dalamnya akan selalu muda!!

SELAMAT ULANG TAHUN SMAN 2 PURWOKERTO! :)
SEMOGA MAKIN JAYA!!

Sekian catatan kurang penting dari saya, saya hanya mencoba untuk berbagi pikiran saja... :) 
Maaf apabila banyak terdapat salal kata, yang haq hanya milik Allah SWT.

Wassalamu alaikum Wr Wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar